Desiminasi pemanfaatan platform yang disediakan oleh Pusdatin (Pusat Data dan Teknologi Informasi) Kemdikbud ini diperuntukan secara gratis oleh seluruh masyarakat khususnya dalam dunia pendidikan. Kesempatan ini merupakan hal yang sangat berharga bagi saya untuk mengenalkan platform belajar bagi guru SMP Negeri 3 Mengwi untuk menunjang proses pembelajaran yang lebih menyenakan dan mengasikan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.
Ditengah kepadatan aktivitas yang ada di sekolah ini saya menyempatkan diri untuk melakukan audiensi kepada Kepala SMP Negeri 3 Mengwi untuk meminta izin pelaksanaan berbagi dan berkolaborasi kepada guru-guru. Dalam kegiatan audiensi saya mendapat opsi tanggal pelaksanaan yang cukup pendek yaitu pada tanggal 24 dan 25 Oktober 2022, saya menggandeng guru penggerak untuk berkolaborasi dalam kegiatan diseminasi tersebut. Kegiatan ini juga di dukung penuh oleh pimpinan sehubungan dengan perayaan hari ulang tahun SMP Negeri 3 Mengwi.
“Audiensi Bersama Kepala SMP Negeri 3 Mengwi”
Tidak lupa dalam aktivitas ini saya juga didampingi oleh guru penggerak di SMP Negeri 3 Mengwi yaitu ibu I Gusti Ayu Swardika Handayani. Antusias peserta diseminasi saat itu cukup tinggi dikarenakan masih banyak bapak/ibu guru yang belum mengetahui apa saja fitur yang disajikan dalam portal rumah belajar yang merupakan layanan Pusdatin. Kegiatan diseminasi ini saya membawakan materi bahasan yaitu “Pemanfaatan Portal Rumah Belajar dan Model Pembelajaran Inovatif”. Rumah Belajar sebagai portal pembelajaran yang memfasilitasi media belajar serta fasilitas komunikasi digital yang mendukung Keterampilan Abad 21 yang dibutuhkan saat ini.
Rumah Belajar dapat digunakan sebagai alat untuk berinteraksi antar komunitas, baik guru dan siswa atau digunakan sebagai sarana media forum diskusi diklat atau kegiatan lainnya. Rumah Belajar juga hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 khususnya menghadapai peserta didik di zaman milenial ini dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK). Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis. Sahabat rumah belajar bisa mengakses layanan Portal Rumah Belajar di Menu ” Rumah Belajar” yang ada pada blog ini.
Selain media Rumah Belajar adapun media lainnya yang disediakan pemerintah untuk menunjang kebutuhan guru dalam proses pembelajaran di sekolah yaitu platform layanan model pembelajaran inovatif yang di sebut sebagai “SibaTIK” sahabat bisa mengaksesnya di halaman ini https://sibatik.kemdikbud.go.id/inovatif/beranda peserta diseminasi merasa terbantukan karena sudah di informasikan terkait kendala yang sering dialami oleh guru-guru terkait penerapan model apa yng harus diterapkan dikelasnya, dengan adanya platform SibaTIK ini guru-guru tidak lagi merasa sulit dalam mengadopsi model pembelajaran inovatif.
Diakhir sesi, diskusi kami melakukan evaluasi kegiatan menggunakan media digital Quizizz untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan ini dan kami tidak lupa menyediakan beberapa souvenir rumah belajar bagi peserta terbaik saat itu dan hal hasil kegiatan ini berjalan dengan baik.  Berikut beberapa dokumentasi kegiatan kami.
“Pelaksanaan Kegiatan Diseminasi dan Pemberian Souvernir Rumah Belajar
bagi Peserta Kegiatan Terbaik

Leave a comment