Sabtu, 12 November 2022

Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak yang sama untuk pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara ikut serta—baik secara langsung atau melalui perwakilan—dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum. Terdapat banyak nilai -nilai yang terkandung dalam sebuah Demokrasi, antara lain nilai toleransi, tanggung jawab, kebebasan mengemukakan pendapat, nilai percaya diri, nilai kerjasama dan terbuka dalam komunikasi. 

Prisip dan nilai demokrasi ini salah satu fungsi paling penting dan esensial dari cita- cita kemerdekaan untuk menjadi bangsa yang demokratis, Oleh karena itu pendidikan demokrasi hendaknya dapat diimplementasikan di sekolah.. Melalui kegiatan-kegiatan di sekolah baik akademik maupun nonakademik diharapkan menumbuhkan nilai-nilai demokrasi dalam diri siswa.

Projek Profil Pelajar Pancasila kali ini SMP Negeri 3 Mengwi mengambil Tema “Suara Demokrasi.” Siswa peserta projek memahami nilai-nilai demokrasi dan mengimplementasikannya dalam lingkup lingkungan sekolah melalui kegiatan pemilihan anggota OSIS dan Ketua OSIS SMP Negeri 3 Mengwi masa bakti 2023 -2024.

Adapaun materi- materi yang disampikan dalam proyek untuk pemahaman siswa dapat diakses melalui link ini

https://docs.google.com/presentation/d/1UU-DzX9VxHcI-OxuJ98YrsoMsyEVJ61KPyy2QWWVskI/edit?usp=drivesdk

Mari berdemokrasi dan Selamat berprojek……..

 

Post by admin: Ayu Desi

 

1 Comment

  • Ni Kadek Rai Vina Virjiantini
    Posted November 17, 2022 9:52 am 0Likes

    Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Leave a comment