Minggu, 13 November 2022

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang diselenggarakan di Bali merupakan petemuan ke-17 Kelompok 20 (G20). G20 merupakan kelompok yang terdiri dari 19 negara dengan perekonomian besar di dunia. ditambah dengan satu organisasi antar pemerintah dan supranasional yaitu Uni Eropa. Kelompok ini didirikan tanggal 26 September 1999 dengan tuan rumah menteri keuanga Jerman dan Kanada.

Adapun tujuan G20 ini adalah mewadahi negara-negara industri dan berkembang secara bersama-sama mendiskusikan berbagai masalah kunci di bidang ekonomi dunia. Negara anggota G20 antara lain, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi Argentina. Australia, Brasil, Britania Raya, India, Indonesia,Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Korea Selatan, Meksiko, Prancis, Rusia, Tiongkok, Turki, Uni Eropa. Sebagai suatu kebanggaan Presiden kita bapak Joko Widodo menjadi Presidensi KTT G20 yang dimulai dari 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022. (Sumber: wikipedia.org)

Bali merupakan pulau yang terpilih menjadi tempat berlangsungnya pertemuan ke-17 G20 pada 15 – 16 November 2022 di kawasan Nusa Dua Bali. Nusa Dua merupakan kawasan yang berada di Kabupaten Badung sebagai tempat berlangsung KTT ke-17 G20, Pemerintah Kabupaten Badung berupaya melakukan penyambutan KTT G 20 ini. Salah satunya megerahkan siswa-siswa dari sekolah di lingkungan kabupaten Badung untuk memeriahkan KTT G20 ke-17 ini.

SMP Negeri 3 Mengwi sebagai perwakilan sekolah di kecamatan mengwi dipercaya untuk ikut serta dalam acara penyambutan Presiden dan rombongan dari Negara Arab Saudi pada Minggu, 13 November 2022. 10 Bus dari DInas Pendidikan menjemput 400 orang siswa, staf dan pembina OSIS SMP Negeri 3 Mengwi. Rombongan berangkat pukul 11.00 wita menuju jalan By Pass Ngurah Rai. SIswa berbaris dipinggir sepanjang jalan dengan membawa bendera Indonesia dan bendera Arab Saudi. Para siswa sangat antusias menyambut kedatangan rombongan, dan merupakan salah satu wujud rasa hormat tuan rumah kepada tamu. Kegiatan ini didokumentasikan dalam foto-foto berikut.

Port bu admin: Ayu Desi

Leave a comment